Kebaikan Ampas Kopi

(Part I)

Usai menyeduh kopi, sebaiknya ampas kopi jangan langsung dibuang. Ampas kopi juga bisa dimanfaatkan untuk hal yang tak terduga ini.

Berikut kegunaan bubuk kopi dan ampas kopi yang mungkin belum kamu ketahui sebagaimana dilansir dalam Times of India.

1. Menetralisir Kulkas

Menyimpan banyak makanan di kulkas membuat aroma kulkas bercampur aduk. Menyimpan makanan terlalu lama di kulkas juga dapat membuat makanan menjadi busuk dan dapat menimbulkan aroma tidak sedap di kulkas.

Jika bau tidak sedap itu sulit hilang dari kulkas, Kamu bisa menaruh ampas kopi di mangkuk lalu diamkan selama 2 jam di dalam kulkas. Maka aroma kopi akan membantu menetralkan bau kulkas.

2. Bodi Scrub / lulur Tubuh

Saat ini banyak klinik kecantikan, spa atau produk kosmetik yang membuat lulur dengan bahan dasar kopi. Kandungan di dalam kopi ternyata bisa membantu kulit semakin halus. Partikel kasar dan kandungan asam dari bubuk kopi berfungsi sebagai exfoliator yang sempurna untuk kulit, yang dapat menghilangkan kotoran dan sel-sel mati dikulit Anda.

Anda bisa membuat lulur kopi sendiri. Proses pembuatannya juga mudah dan tidak butuh alat yang sulit. Cukup campurkan ampas kopi dengan air atau minyak kelapa, lalu lulur sudah bisa digunakan.

3. Anti Hama / Serangga Tumbuhan

Siapa yang menyangka ternyata bubuk kopi bisa mencegah hama pada tanaman. Untuk mencegah hama pada tanaman kesayangan, Kamu bisa menaburkan ampas kopi pada tanah di sekitar pot tanaman. Nah, sebaran bubuk kopi ini akan mencegah datangnya bekicot, siput, dan hewan pemakan daun lainnya yang bertubuh lunak. Tak hanya itu, kopi juga dapat mencegah munculnya ulat di daun, karena kupu-kupu jadi tidak tertarik untuk bertelur pada daunnya, karena aroma kopi tersebut. (bersambung)

Naah keren kan, ternyata tidak hanya bikin rileks dan bermanfaat untuk kesehatan bahkan ampasnya pun masih bisa diambil keBAIKan nya, emang bener ya, Ngopi Itu Baik!

 

kebaikan ampas kopi

More Info : 082171817300